Wajah Mirip dengan Pasangan


Dian Widya Setiyanti (DWS) dan Didi Rendra Sukma (DRS)


Banyak orang yang bilang kalau muka saya mirip sama pasangan saya, bahkan ada kakak kelas yang mengira kalau saya beradik kakak dengan dia (huoo adik kakak darimana?, orangtuanya aja jelas-jelas beda, hahaha). Beberapa teman saya kadang berkata bahwa saya mirip dengan dia, sehabis sang teman melihat-lihat foto saya dengan dia. Seperti yang dilakukan "mona" (teman sejurusan saya)  kemarin hari ketika berada di kelas english advanced, sehabis melihat gallery foto saya di Hp, tiba-tiba nyeplos "lw tuh mirip yaa mukanya sama cowo lw..!!", lagi lagi saya dengar kalimat itu, dan saya jawab "haa? masa? hehe". Beberapa teman yang sering bertemu ketika saya jalan berdua dengan dia pun ada yang mengatakan "kalian tuh mirip yaa.. badannya sama-sama kecil-kecil gt.." wahahaha, kalau yang ini sih fakta kalau perut kita sama-sama flat bebas dari lemak menjuntai :p


Mereka bilang kalau mukanya mirip berarti jodoh atau soulmate alias belahan jiwa, hmm benarkah itu??. Ada pula yang mengatakan bahwa mereka yang mukanya mirip dengan pasangan adalah pasangan yang menemukan kebahagiaan bersama. Huaa semoga saja :) sebab saya sendiri tidak tahu apakah saya dan pasangan saya saat ini merupakan jodoh saya di masa depan kelak, yang jelas saat ini kami menemukan kenyamanan bersama, dan bulan januari nanti, hubungan kami tepat berumur 2 tahun 6 bulan. Sebuah waktu yang tidak singkat tentunya ;).  
    

Setiap saya ngaca berdua atau foto berdua dengan si pacar, saya jadi bertanya sendiri mirip dimananya sih??. Kulit saya putih, sedangkan dia coklat. Kalau kata pacar saya yang membela diri, cowo dengan kulit gelap lebih macho dan keren, juga biar si cewenya keliatan bersinar kalau lagi jalan bareng, soalnya kalau cowonya juga putih ntar takutnya cewenya malah kalah putih kulitnya, hahaha..ntar malah dikatain "kok cewe lw kulitnya ga seputih lw sih?" nah lho? waduuw...Hmm apa mungkin miripnya karena sama-sama punya mata, hidung, mulut, telinga, alis? iya ga? hehe, Alhamdulillah :). Apa karena sama-sama punya kantung mata, jadi kalau saya sama dia sama-sama senyum, keliatan deh dibawah matanya..hahaha. 


Saya menemukan artikel yang saya dapat dari Republika dan Kaskus yang mungkin bisa menjawab fenomena ini (ceileh fenomena,hahaha).  let see :D

Miripkan wajah anda dengan pasangan hidup anda?  






Psikolog Robert Zajonc dari Universitas Michigan melakukan percobaan guna menguji fenomena tentang pasangan hidup yang semakin lama wajahnya makin mirip satu sama lain. Ia menganalisa foto-foto pasangan yang diambil ketika mereka baru menikah dan foto-foto dari pasangan sama yang diambil 25 tahun kemudian.

Seperti dilaporkan Livescience.com, hasil penelitian menunjukkan seiring waktu, pasangan akan semakin mirip satu dengan lain. Makin bahagia mereka, makin besar kemungkinan mereka memiliki kemiripan fisik. Zajonc memperkirakan bahwa pasangan yang sudah tua tampak lebih mirip karena orang akan meniru ekspresi wajah teman hidupnya.

Dengan kata lain, jika pasangan Anda memiliki selera humor yang baik dan banyak tertawa, mungkin dia akan mengembangkan garis tawa di sekitar mulut mereka, dan begitu juga pasangannya. Bukti lain juga menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan kemungkinan awalnya tertarik dengan seseorang yang memiliki kepribadian sama.

Pada 2006, dalam sebuah studi, Ilmuwan di Universitas Liverpool meminta sukarelawan untuk memandangi potret laki-laki dan perempuan lalu menilai kepribadian orang di foto tersebut. Para peserta tidak tahu sosok mana pasangan hidup di foto-foto itu, tapi pasangan yang paling lama hidup bersama ternyata paling banyak dinilai punya kepribadian serupa.

Para peneliti menyimpulkan bahwa, memiliki sifat-sifat kepribadian yang menarik mungkin ada korelasinya dengan membuat wajah terlihat menarik. Manusia juga mudah jatuh cinta dengan orang yang punya DNA mirip. Dalam sebuah penelitian anak kembar, ilmuwan dari Universitas Western Ontario menemukan bahwa tidak hanya peserta penelitian cenderung memilih pasangan dengan gen yang sama, pasangan kembar identik juga lebih mirip daripada pasangan kembar non-identik.  

Dibawah ini adalah beberapa pasangan yang menurut saya mukanya mirip :)


Marissa Haq dan Ikang F

Dini Aminarti dan Dimas Seto

Hasri Ainun dan BJ Habibie


SBY dan Ibu Ani

Popular posts from this blog

Crystals and Flakes

summer in fall

Beauty and the beast