Dian adalah namaku


Kata orang, nama adalah doa, sehingga orang tua tentunya tidak asal saja memberi nama pada anaknya. Setiap pemberian nama juga pastinya memiliki arti, baik secara tersirat maupun tersurat. Misal nama "Bunga", bisa saja orang tuanya berharap agar anak perempuannya cantik seperti bunga, atau nama Muhammad agar anaknya dapat menauladani sifat seperti Nabi Muhammad SAW. Bisa juga seperti teman saya yang bernama "Ahtinita", kata 'ahtinita' bukan merupakan kata dari bahasa manapun, namun merupakan gabungan kata dari "buAH haTI = AHTI" sedangkan nita merupakan gabungan nama dari kedua orang tuanya. Setiap orang tua bebas menentukan nama untuk anaknya, dan tentunya dibalik nama yang diberikan tersebut terdapat makna atau arti tertentu.  

Nama bisa saja berasal dari sebuah kata dari bahasa manapun, meskipun ada yang bilang "apalah arti sebuah nama," tapi tetap saja nama itu penting karena merupakan bagian dari identitas diri kita. Adapun nama lengkap saya adalah Dian Widya Setiyanti, sebenarnya nama "Dian" sendiri merupakan gabungan huruf dari nama depan kedua orang tua saya. Nama "Widya" diambil dari nama tengah ibu saya dan merupakan nama keluarga besar dari kakek buyut saya yaitu widyo soesilo, dan "Setiyanti" merupakan nama yang diambil dari nama belakang bapak saya yaitu setiyanto.

Bila ditelaah, Kata "Dian" itu berasal dari Bahasa Jawa yang artinya adalah lentera, cahaya, pelita, lilin. Jadi nama Dian bisa berarti penerang hati, penerang jiwa, sesuatu yang menerangi. 
Sedangkan "Widya" juga berasal dari Bahasa Jawa yang artinya bakti, benar, sarjana, ilmu, pengetahuan, mengetahui, bijaksana. Asal usul "widi" dari kata "widya" berasal dari bahasa sansekerta yaitu “Vidya" yang memiliki banyak arti antara lain : knowledge, science, learning, scholarship, philosophy
Kemungkinan besar orang Hindu di Jawa dahulu mengambil kata Widdhi dari Widya, yang diberi arti Yang Maha Mengetahui. 

Adapun kata "Setiyanti" merupakan  kata yang berasal dari "setia" yang artinya setia atau loyal, akhiran yanti sendiri merupakan penanda saja bahwa orang ini adalah seorang wanita.



Sehingga bila masing-masing arti nama itu disatukan dapat berarti "Seorang wanita penerang hati yang bijaksana dan setia". Orang yang diharapkan mampu menjadi cahaya atau penerang bagi orang-orang yang ada disekitarnya. Orang yang diharapkan berilmu atau berpengetahuan, menjadi seorang yang berbakti dan bijaksana, serta seperti yang  diharapkan orang tua saya agar saya menjadi seorang sarjana (amiin..semoga tingkat akhir ini dilancarkan oleh Allah,amin amin amin..). Juga seorang wanita yang setia, yang kadang arti nama "setiyanti" sering diplesetin oleh teman saya sebagai "setia sampai nanti" hahaha. Orang yang diharapkan mampu menerangi hati dengan pengetahuan yang benar dan menjadi orang yang setia.

Kalau dipikir-pikir nama saya itu sederhana sebenarnya, namun arti dibalik nama itu ternyata berat dan dalam juga yaa. Semoga diri saya bisa mencerminkan nama saya dan juga harapan orang tua saya itu. amiin .. Bagaimana dengan anda?? Apa arti nama anda? :) 




 






Popular posts from this blog

Crystals and Flakes

summer in fall

Beauty and the beast